Pada aktivitas pembelian sebuah produk, penting diperhatikan bahwa produk yang kita pilih berkualitas baik. Produk dikatakan baik apabila tidak ada ketaknormalan secara fisik dan tidak rusak. Bila kita menentukan produk dan terdapat kerusakan pada produk maka kita berhak untuk mengajukan komplain atau pengaduan kerusakan barang. Pengaduan sanggup dilakukan dengan aneka macam cara salah satunya dengan memakai surat pengaduan barang.
Surat pengaduan barang ini ditujukan kepada penjual atau biro atas barang yang rusak, atau tidak sesuai pesanan yang dilakukan oleh konsumen. Surat yang diterima sebaiknya dilakukan tanggapan kepada konsumen biar konsumen merasa diperhatikan dan tidak dirugikan. Surat ini biasanya ditujukan kepada perusahaan sanggup toko, atau biro barang tersebut.
Surat pengaduan barang ini tergolong surat resmi sehingga kita perlu menciptakan surat dengan tata bahasa yang resmi baik yang kita tuliskan untuk penjual maupun tanggapan kepada pembeli. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dikala akan menulis surat tanggapan pengaduan ini yakni penggunaan bahasa yang resmi/formal, sopan dan jelas.
- Terdapat kalimat ungkapan terima kasih atas pengaduan yang dilakukan.
- Adanya ungkapan penyesalan alasannya yakni insiden tersebut, sanggup juga ditambahkan alasan yang mendukung
- Adanya keputusan untuk menuntaskan duduk kasus yang muncul
- Pemberian saran apabila muncul duduk kasus di luar tanggung jawab penjual dan berupaya membantu pembeli
- Berusaha untuk meyakinkan pembeli bahwa insiden tersebut tidak berulang.
Pembuatan surat ini penting untuk memperhatikan susunan dalam surat alasannya yakni surat ini bersifat resmi. Susunan yang ada didalam surat ini biasanya berisi
- Kop perusahaan sebagai kepala surat
- Lokasi dan tanggal surat
- Nomor surat dari perusahaan
- Menyertakan tentang surat dibuat
- Penambahan lampiran jikalau diperlukan
- Alamat akseptor (orang yang dituju)
- Isi yang meliputi klarifikasi sebelumnya
- Tanda tangan yang memperlihatkan keabsahan
Contoh Surat Balasan Pengaduan Barang alasannya yakni Rusak dalam Pengiriman
PT. Karya Mandiri
Jln. Mawar No. 54
SURABAYA
================================================================
Nomor : 4/ADUAN/V/2016 20 Mei 2016
Hal : Penggantian Kerusakan
Lamp : 1 (satu) Lembar Faktur
Kepada
Yth. Pemilik Toko Elektronik Karya
Jln. Lawu No. 45
Kudus, Jawa Tengah
Dengan hormat,
Surat Saudara tertanggal 14 Mei 2016 dengan Nomor: 12/CS/V/34 mengenai tentang pengaduan kerusakan barang/produk, telah kami terima dengan penuh perhatian.
Sehubungan dengan surat Saudara tersebut, kami segera melaksanakan konfirmasi dan pengecekan. Berdasarkan kroscek yang kami lakukan ternyata karyawan kami telah melaksanakan kesalahan dalam proses kemas sehingga menimbulkan barang pesanan Saudara mengalami kerusakan. Atas insiden tersebut, kami selaku tubuh perjuangan mohon maaf yang sebesar-besarnya dan akan lebih memperhatikan pesanan Saudara biar tidak ada insiden berulang.
Kami akan mengirimkan 5 unit Oven yang gres sebagai bentuk penggantian barang pesanan Saudara yang mengalami kerusakan dan faktur orisinil pesanan atas nama Saudara.
Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
PT. Karya Mandiri
Mahmud, SE
Manajer Pemasaran
Contoh Surat Balasan Pengaduan Barang alasannya yakni Rusak dan penggantian
PT Tirta Mandiri
Jalan Bhayangkara No. 043
Gombong, Jawa Tengah
Nomor : 12/BPB/X/2013 18 Oktober 2013
Lamp : 1 (satu) lembar
Kepada
CV Rekayasa
Jalan Kalurang Km. 17
Sleman, Yogyakarta
Hal : Balasan Pengaduan Barang
Dengan hormat,
Surat Saudara yang kami terima tertanggal 13 Okober 2013 dengan Nomor: 11/PKB/X/2013 tentang pengaduan kerusakan barang, telah kami terima dengan penuh perhatian.
Sehubungan dengan surat tersebut, kami segera mengirimkan teknisi untuk memperbaiki Mesin Cuci yang mengalami kerusakan.
Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kerusakan barang tersebut dan kami akan lebih memperhatikan pesanan Saudara selanjutnya biar tidak terjadi insiden serupa.
Kami juga berinisiatif memperlihatkan kepada Saudara, apabila Saudara berkenan menukarkan Mesin Cuci brand “Uchida” dengan brand “Panasonic” yang mutunya lebih baik, namun harganya sedikit lebih tinggi. Untuk memperjelas, kami juga melampirkan brosur produk sebagai informasi.
Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.
Hormat kami,
PT Tirta Mandiri
Hartono Raharjo
Manajer Penjualan
pola surat keluhan pelanggan ke perusahaan
|
contoh surat keluhan pelanggan ke perusahaan | | |
pola surat tanggapan pengaduan keterlambatan pengiriman barang |
|
contoh surat tanggapan pengaduan keterlambatan pengiriman barang |
pola surat pengaduan barang rusak
|
contoh surat pengaduan barang rusak |
pola surat tanggapan komplain harga mahal
|
contoh surat tanggapan komplain harga mahal |
pola surat tanggapan komplain harga mahal
|
contoh surat tanggapan komplain harga mahal |
Belum ada Komentar untuk "Contoh Surat Akibat Pengaduan Barang/Produk"
Posting Komentar