Materi Mpls Perihal Pendidikan Karakter

- Materi MPLS Tentang Pendidikan Karakter. Sebelumnya kami sudah membagikan beberapa Materi menyerupai Wawasan Wiyata Mandala, Kepramukaan, Kesadaran Berbangsa Bernegara dan Belajar Efektif yang sanggup dilihat DISINI

Mungkin Materi MPLS Tentang Pendidikan Karakter ini sanggup dikatakan bahan lanjutan supaya lebih lengkap terutama Bapak/Ibu Penyaji/ Pemateri dalam aktivitas MPLS/ MOPD nanti supaya lebih siap. Sebelum di Download Materi MPLS Tentang Pendidikan Karakter, kami akan mencoba menjelaskan beberapa point penting didalamnya menyerupai : Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Ahli, Pendidikan Karakter Menurut Lickona, Pendidikan Karakter Menurut Suyanto, Pendidikan Karakter Menurut Kertajaya, Pendidikan Karakter Menurut Kamus Psikologi, Sembilan pilar huruf yang berasal dari nilai-nilai luhur universal, Memahami Pendidikan Karakter, dan Dampak Pendidikan Karakter.


Pendidikan Karakter

Penguatan pendidikan moral (moral education) atau pendidikan huruf (character education) dalam konteks kini sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang melanda di negara kita. Krisis tersebut antara lain berupa meningkatnya pergaulan bebas, maraknya angka kekerasan belum dewasa dan remaja, kejahatan terhadap teman, pencurian remaja, kebiasaan menyontek, penyalahgunaan obat-obatan, p0rn0gr4fi, dan perusakan milik orang lain sudah menjadi dilema sosial yang hingga ketika ini belum sanggup diatasi secara tuntas, oleh alasannya yaitu itu betapa pentingnya pendidikan karakter.

Menurut Lickona, huruf berkaitan dengan konsep moral (moral knonwing), sikap moral (moral felling), dan sikap moral (moral behavior). Berdasarkan ketiga komponen ini sanggup dinyatakanbahwa huruf yang baikdidukung oleh pengetahuan perihal kebaikan, cita-cita untuk berbuat baik, dan melaksanakan perbuatan kebaikan. Bagan di bawah ini merupakan skema kterkaitan ketiga kerangka pikir ini.

Pendidikan Karakter Menurut Lickona

Secara sederhana, pendidikan huruf sanggup didefinisikan sebagai segala perjuangan yang sanggup dilakukan untuk menghipnotis huruf siswa. Tetapi untuk mengetahui pengertian yang tepat, sanggup dikemukakan di sini definisi pendidikan huruf yang disampaikan oleh Thomas Lickona. Lickona menyatakan bahwa pengertian pendidikan huruf yaitu suatu perjuangan yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia sanggup memahami, memperhatikan, dan melaksanakan nilai-nilai adat yang inti.

Pendidikan Karakter Menurut Suyanto

Suyanto (2009) mendefinisikan huruf sebagai cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa, maupun  negara.

Pendidikan Karakter Menurut Kertajaya

Karakter yaitu ciri khas yang dimiliki oleh suatu benda atau individu. Ciri khas tersebut yaitu orisinil dan mengakar pada kepribadian benda atau individu tersebut, serta merupakan “mesin” yang mendorong bagaimana seorang bertindak, bersikap, berucap, dan merespon sesuatu (Kertajaya, 2010).

Pendidikan Karakter Menurut Kamus Psikologi

Menurut  kamus psikologi, huruf yaitu kepribadian ditinjau dari titik tolak etis atau moral, contohnya kejujuran seseorang, dan biasanya berkaitan dengan sifat-sifat yang relatif tetap (Dali Gulo, 1982: p.29). Nilai-nilai dalam pendidikan karakter

Ada 18 butir nilai-nilai pendidikan karakter yaitu , Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat/komunikatif, Cinta Damai, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab.

Memahami Pendidikan Karakter

Pendidikan huruf yaitu pendidikan kecerdikan pekerti plus, yaitu yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasaan (feeling), dan tindakan (action). Menurut Thomas Lickona, tanpa ketiga aspek ini, maka pendidikan huruf tidak akan efektif.

Dengan pendidikan huruf yang diterapkan secara sistematis dan berkelanjutan, seorang anak akan menjadi cerdas emosinya. Kecerdasan emosi ini yaitu bekal penting dalam mempersiapkan anak menyongsong masa depan, alasannya yaitu seseorang akan lebih gampang dan berhasil menghadapi segala macam tantangan kehidupan, termasuk tantangan untuk berhasil secara akademis.

Terdapat sembilan pilar huruf yang berasal dari nilai-nilai luhur universal, yaitu:

  1. Karakter cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya
  2. Kemandirian dan tanggungjawab
  3. Kejujuran/amanah, diplomatis
  4. Hormat dan santun
  5. Dermawan, suka tolong-menolong dan gotong royong/kerjasama;
  6. Percaya diri dan pekerja keras
  7. Kepemimpinan dan keadilan
  8. Baik dan rendah hati, dan
  9. Karakter toleransi, kedamaian, dan kesatuan.

Dampak Pendidikan Karakter

Apa dampak pendidikan huruf terhadap keberhasilan akademik? Beberapa penelitian bermunculan untuk menjawab pertanyaan ini. Ringkasan dari beberapa inovasi penting mengenai hal ini diterbitkan oleh sebuah buletin, Character Educator, yang diterbitkan oleh Character Education Partnership.

Dalam buletin tersebut diuraikan bahwa hasil studi Dr. Marvin Berkowitz dari University of Missouri- St. Louis, menandakan peningkatan motivasi siswa sekolah dalam meraih prestasi akademik pada sekolah-sekolah yang menerapkan pendidikan karakter. Kelas-kelas yang secara komprehensif terlibat dalam pendidikan huruf mengatakan adanya penurunan drastis pada sikap negatif siswa yang sanggup menghambat keberhasilan akademik.

Download Materi MPLS Tentang Pendidikan Karakter

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Adminsitrasi MPLS/ MOPD Pembahasan Pendidikan huruf ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

Materi MPLS Tentang Pendidikan Karakter


Semoga dengan adanya salah satu Materi MPLS mengenai Pendidikan Karakter sanggup membantu persiapan khususnya untuk Penyaji/ Pemateri dalam aktivitas nantinya. Bagi yang membutuhkan sanggup dengan gampang didapatkan melalui tautan link yang sudah kami siapkan dibawah ini :

Link Download Materi MPLS Tentang Pendidikan Karakter -KLIK DISINI-

Itulah kirannya membuatkan Informasi dan File mengenai Materi MPLS Tentang Pendidikan Karakter, semoga bermanfaat. Apabila ada kekurangan silahkan berikan masukan di kolom komentar dan Jika ini bermanfaat jangan lupa untuk dibagikan. Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "Materi Mpls Perihal Pendidikan Karakter"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel