Pengertian Sistem Akuntansi Penggajian

 Adanya  suatu  sistem  akuntansi  yang  memadai  Pengertian Sistem Akuntansi PenggajianPengertian sistem akuntansi penggajian - Adanya suatu sistem akuntansi yang memadai, mengakibatkan akuntan perusahaan sanggup menyediakan isu keuangan bagi setiap tingkatan manajemen, para pemilik atau pemegang saham, kreditur, dan para pemakai laporan keuangan (stakeholder) lain yang dijadikan dasar pengambilan keputusan ekonomi. Sistem tersebut sanggup dipakai oleh manajemen untuk merencanakan dan mengendalikan operasi perusahaan.

Baca pula: Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli


Salah satu sistem yang sanggup dipakai oleh manajemen perusahaan ialah sistem akuntansi gaji. Untuk mengatasi adanya kesalahan dan penyimpangan dalam perhitungan dan pembayaran honor maka perlu dibentuk suatu sistem akuntansi penggajian dan pengupahan. Sistem akuntansi honor juga dirancang oleh perusahaan untuk memdiberikan citra yang terang mengenai honor karyawan sehingga simpel dipahami dan simpel digunakan.

Beberapa definisi atau pengertian mengenai sistem akuntansi penggajian dikemukakan para pakar menyerupai Neunar (1997: 210) yang dalam definisinya dikatakan bahwa: Sistem akuntansi honor untuk kebanyakan perusahaan ialah suatu sistem dari mekanisme dan catatan-catatan yang memdiberikan kemungkinan untuk memilih dengan cepat dan sempurna berapa jumlah pendapatan kotor setiap pegawai, berapa jumlah yang harus dikurangi dan pendapatan untuk banyak sekali pajak dan cuilan lainnya dan berapa saldo yang harus didiberikan kepada karyawan.

Pengertian lain dikemukakan Zaki Baridwan (1999: 102) bahwa sistem akuntansi penggajian ialah suatu kerangka dari mekanisme yang saling bekerjasama sesuai dengan denah yang menyeluruh untuk melakukan aktivitas dan fungsi utama perusahaan. Sementara berdasarkan Mulyadi (2003: 17) ialah menyerupai diberikut:

Sistem akuntansi honor dirancang untuk menangani transaksi perhitungan honor karyawan dan pembayarannya, perancangan sistem akuntansi penggajian dan pengupahan ini harus sanggup menjamin validitas, otorisasi kekomplitan, penjabaran peskoran, ketepatan waktu dan ketepatan posting serta ikhtisar dari setiap transaksi penggajian dan pengupahan.

Berdasarkan sejumlah pengertian sistem akuntansi penggajian tersebut, sanggup disimpulkan bahwa sistem akuntansi penggajian merupakan rangkaian mekanisme perhitungan dan pembayaran honor secara menyeluruh bagi karyawan secara efisien dan akibattif. Tentunya dengan sistem akuntansi honor yang baik perusahaan akan bisa memotivasi semangat kerja karyawan yang kurang produktif dan mempertahankan karyawannya yang produktif, sehingga tujuan perusahaan untuk mencari keuntungan tercapai dengan produktifitas kerja karyawan yang tinggi.

Dalam hal sistem penggajian Perusahaan terdiri dari jaringan mekanisme sebagai diberikut (Mulyadi, 2001 : 385)

1. Prosedur Pencatatan Waktu Hadir

Prosedur ini bertujuan untuk mencatat waktu muncul karyawan. Pencatatan waktu muncul ini di selenggarakan oleh fungsi pencatat waktu dengan memakai daftar muncul pada pintu masuk kantor manajemen atau pabrik.

2. Prosedur Pembuatan Daftar Gaji

Dalam mekanisme ini fungsi pembuatan daftar honor karyawan. Data yang di pakai sebagai dasar pembuatan daftar honor ialah surat-surat keputusan mengenai pengangkatan karyawan baru, kenaikan pangkat, pemberhentian karyawan, penurunan pangkat, daftar honor bulan sebelumnya, dan daftar muncul.

3. Prosedur Distribusi Biaya honor

Dalam mekanisme distribusi biaya honor dan biaya tenaga kerja didistribusikan kepada departemen-departemen yang menikmati manfaat tenaga kerja.

4. Prosedur Pembayaran honor

Prosedur pembayaran honor melibatkan fungsi akuntansi dan fungsi keuangan.Fungsi akuntansi menciptakan perintah pengeluaran kas kepada fungsi keuangan untuk menulis cek guna pembayaran gaji.

Demikian klarifikasi pengertian sistem akuntansi penggajian. Ringkasnya, Sistem akuntansi penggajian bertujuan untuk memastikan bahwa status, tarif pembayaran atau gaji, dan pengurangan bayaran telah diotorisasi (Wilkinson, 1995: 196). 


Dapatkan pula ratusan kajian pustaka akuntansi dalam contoh skripsi akuntansi dalam blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Sistem Akuntansi Penggajian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel