Jenis-Jenis Perangkap Minyak Dan Gas

Dalam Sistem Perminyakan, mempunyai konsep dasar berupa distribusi hidrokarbon didalam kerak bumi dari batuan sumber (source rock) ke batuan reservoar. Salah satu elemen dari Sistem Perminyakan ini ialah adanya batuan reservoir, dalam batuan reservoir ini, terdapat beberapa faktor penting diantaranya ialah adanya perangkap minyak bumi. Perangkap minyak bumi sendiri merupakan tempat terkumpulnya minyak bumi yang berupa perangkap dan mempunyai bentuk konkav ke bawah sehingga minyak dan gas bumi sanggup terjebak di dalamnya. Perangkap minyak bumi ini sendiri terbagi menjadi perangkap stratigrafi, perangkap struktural, perangkap kombinasi stratigrafi- struktur dan perangkap hidrodinamik.

1. Perangkap Stratigrafi 

Jenis perangkap stratigrafi dipengaruhi oleh variasi perlapisan secara vertikal dan lateral, perubahan facies batuan dan ketidakselarasan dan variasi lateral dalam litologi pada suatu lapisan reservoir dalam perpindahan minyak bumi. Prinsip dalam perangkap stratigrafi ialah minyak dan gas bumi terperangkap dalam perjalanan ke atas kemudian terhalang dari segala arah terutama dari belahan atas dan pinggir, hal ini dikarenakan batuan reservoir telah menghilang atau berubah fasies menjadi kerikil lain sehingga merupakan penghalang permeabilitas (Koesoemadinata, 1980). Dan jebakan stratigrafi tidak berasosiasi dengan ketidakselarasan mirip Channels, Barrier Bar, dan Reef, namun berasosiasi dengan ketidakselarasan mirip Onlap Pinchouts, dan Truncations.

 mempunyai konsep dasar berupa distribusi hidrokarbon didalam kerak bumi dari batuan sumber Jenis-jenis Perangkap Minyak dan Gas

Contoh perangkap stratigrafi

Pada perangkap stratigrafi ini, berasal dari lapisan reservoir tersebut, atau ketika terjadi perubahan permeabilitas pada lapisan reservoir itu sendiri. Pada salah satu tipe perangkap stratigrafi, pada horizontal, lapisan impermeabel memotong lapisan yang bengkok pada batuan yang mempunyai kandungan minyak. Terkadang terpotong pada lapisan yang tidak sanggup ditembus, atau Pinches, pada gugusan yang mempunyai kandungan minyak. 


Pada perangkap stratigrafi yang lain berupa Lens-shaped. Pada perangkap ini, lapisan yang tidak sanggup ditembus ini mengelilingi batuan yang mempunyai kandungan hidrokarbon. Pada tipe yang lain, terjadi perubahan permeabilitas dan porositas pada reservoir itu sendiri. Pada reservoir yang telah mencapai puncaknya yang tidak sarang dan impermeabel, yang dimana pada belahan bawahnya sarang dan permeabel serta terdapat hidrokarbon. Pada belahan yang lain pertanda bahwa minyak bumi terperangkap pada reservoir itu sendiri yang Cut Off up-dip, dan mencegah migrasi lanjutan, sehingga tidak adanya pengatur struktur yang dibutuhkan. Variasi ukuran dan bentuk perangkap yang demikian mahabesar, untuk memperpanjang pantulan lingkungan pembatas pada batuan reservoir terendapkan.

2. Perangkap Struktural 

Jenis perangkap selanjutnya ialah perangkap struktural, perangkap ini Jebakan tipe struktural ini banyak dipengaruhi oleh kejadian deformasi perlapisan dengan terbentuknya struktur lipatan dan patahan yang merupakan respon dari kejadian tektonik dan merupakan perangkap yang paling orisinil dan perangkap yang paling penting, pada belahan ini banyak sekali unsur perangkap yang membentuk lapisan penyekat dan lapisan reservoar sehingga sanggup menangkap minyak, disebabkan oleh tanda-tanda tektonik atau struktur mirip pelipatan dan patahan (Koesoemadinata, 1980).

a. Jebakan Patahan 
Jebakan patahan merupakan patahan yang terhenti pada lapisan batuan. Jebakan ini terjadi bersama dalam sebuah gugusan dalam belahan patahan yang bergerak, kemudian gerakan pada gugusan ini berhenti dan pada ketika yang bersamaan minyak bumi mengalami migrasi dan terjebak pada tempat patahan tersebut, kemudian sering kali pada gugusan yang impermeabel yang pada satu sisinya berhadapan dengan pergerakan patahan yang bersifat sarang dan gugusan yang permeabel pada sisi yang lain. Kemudian, minyak bumi bermigrasi pada gugusan yang sarang dan permeabel. Minyak dan gas disini sudah terperangkap lantaran lapisan tidak sanggup ditembus pada tempat jebakan patahan ini.

b.Jebakan Antiklin 
Kemudian, pada jebakan struktural selanjutnya, yaitu jebakan antiklin, jebakan yang antiklinnya melipat ke atas pada lapisan batuan, yang mempunyai bentuk mirip kubah pada bangunan. Minyak dan gas bumi bermigrasi pada lipatan yang sarang dan pada lapisan yang permeabel, serta naik pada puncak lipatan. Disini, minyak dan gas sudah terjebak lantaran lapisan yang diatasnya merupakan batuan impermeabel.

 mempunyai konsep dasar berupa distribusi hidrokarbon didalam kerak bumi dari batuan sumber Jenis-jenis Perangkap Minyak dan Gas

Jebakan antiklin pada jebakan struktural

c. Jebakan Struktural lainnya 
Contoh dari perangkap struktur yang lain ialah Tilted fault blocks in an extensional regime, marupakan jebakan yang bearasal dari Seal yang berada diatas Mudstone dan memotong patahan yang sejajar Mudstone. Kemudian, Rollover anticline on thrust, ialah jebakan yang minyak bumi berada pada Hanging Wall dan Footwall. Lalu, Seal yang posisinya lateral pada diapir dan menutup rapat jebakan yang berada diatasnya.

 mempunyai konsep dasar berupa distribusi hidrokarbon didalam kerak bumi dari batuan sumber Jenis-jenis Perangkap Minyak dan Gas

Contoh perangkap struktural yang lain

3. Perangkap Kombinasi 

Kemudian perangkap yang selanjutnya ialah perangkap kombinasi antara struktural dan stratigrafi. Dimana pada perangkap jenis ini merupakan faktor bersama dalam membatasi bergeraknya atau menjebak minyak bumi. Dan, pada jenis perangkap ini, terdapat lebih dari satu jenis perangkap yang membentuk reservoar. Sebagai misalnya antiklin patahan, terbentuk ketika patahan memotong tegak lurus pada antiklin. Dan, pada perangkap ini kedua perangkapnya tidak saling mengendalikan perangkap itu sendiri.

 mempunyai konsep dasar berupa distribusi hidrokarbon didalam kerak bumi dari batuan sumber Jenis-jenis Perangkap Minyak dan Gas

Contoh Perangkap Kombinasi

4. Perangkap Hidrodinamik


 mempunyai konsep dasar berupa distribusi hidrokarbon didalam kerak bumi dari batuan sumber Jenis-jenis Perangkap Minyak dan Gas

Contoh Perangkap Hidrodinamik

Kemudian perangkap yang terakhir ialah perangkap hidrodinamik. Perangkap ini sangat jarang lantaran dipengaruhi oleh pergerakan air. Pergerakan air ini yang bisa merubah ukuran pada akumulasi minyak bumi atau dimana jebakan minyak bumi yang pada lokasi tersebut sanggup menjadikan perpindahan. Kemudian perangkap ini digambarkan pergerakan air yang biasanya dari iar hujan, masuk kedalam reservoar formasi, dan minyak bumi bermigrasi ke reservoar dan bertemu untuk migrasi ke atas menuju permukaan melalui permukaan air. Kemudian tergantung pada keseimbangan berat jenis minyak, dan sanggup menemukan sendiri, dan tidak sanggup bergerak ke reservoar permukaan lantaran tidak ada jebakan minyak yang konvensional.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Perangkap Minyak Dan Gas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel