Pengertian Dan Bentuk-Bentuk Energi

Kamu telah sering mendengar atau mengucapkan kata energi. Tetapi, tahukan kau apa bahwasanya energi itu? Bagaimana bentuk dan macam-macam energi? Untuk memahami lebih lanjut mengenai energi, mari kita pelajari uraian berikut! 

1. Pengertian Energi 

Ketika kau berolahraga, contohnya main basket. Kamu mengeluarkan tenaga untuk berlari dan memainkan bola. Otot- otot tubuhmu mengubah energi kimia yang diperoleh dari makanan menjadi energi otot yang dipakai untuk bergerak. Berapa usang kau sanggup bertahan main basket? Tentu ada batasnya bukan? Kamu mustahil bermain basket terus- menerus tanpa istirahat. Kamu niscaya lelah. Otot-otot tubuhmu tidak sanggup lagi memperlihatkan energi untuk bergerak. Pada ketika itu kau membutuhkan istirahat, makan, dan minum untuk mengganti energi dalam tubuhmu.

Perhatikan kalau kau menyetrika baju sekolahmu! Kamu niscaya memakai setrika listrik untuk melakukannya. Setrika sanggup dipakai kalau terhubung dengan sumber arus listrik. Di dalam setrika terdapat komponen-komponen elektro yang mengubah energi listrik menjadi energi panas. 

Perhatikan juga kalau kau melempar bola ke atas dan jatuh di tanah yang agak lembek! Apa yang terjadi? Batu yang kau lemparkan akan meninggalkan jejak di tanah dan menjadikan suara. Dalam hal ini, kerikil memiliki energi gerak dan mengubahnya menjadi gaya untuk sanggup meninggalkan jejak dan menjadikan suara. Dari mana energi kerikil yang kau lemparkan? Pada bab selanjutnya kau akan mengetahuinya. 

Dari contoh-contoh yang diberikan di atas, dapatkah kau menjelaskan apa bahwasanya energi itu? Kamu memperoleh energi untuk bermain basket, setrika memperoleh energi listrik untuk memanaskan elemen pemanasnya yang dipakai untuk merapikan baju, kerikil yang dilemparkan memiliki energi untuk sanggup meninggalkan jejak di tanah dan menjadikan suara. Dengan demikian, energi sanggup didefinisikan sebagai kemampuan untuk melaksanakan usaha.

2. Bentuk-Bentuk Energi 

Jika kau memperhatikan contoh-contoh yang diberikan, terlihat bahwa ada majemuk energi. Pada ketika kau main basket kau memperoleh energi kimia dari makanan yang kau konsumsi dan mengubahnya menjadi energi gerak. Setrika memiliki energi listrik yang diubahnya menjadi energi panas. Batu yang dilemparkan memiliki energi mekanik yang diubah menjadi energi gerak dan energi bunyi. Dapatkah kau mencari pola bentuk energi yang lain?

a. Energi Kimia 
Seperti telah disinggung sebelumnya, makanan yang kau makan dan minuman yang kau minum mengandung energi kimia. Zat zat kimia yang terkandung di dalam makanan dan minuman tersebut sanggup menghasilkan energi kimia alasannya yaitu di dalam tubuhmu bahwasanya terjadi reaksi kimia yang mengubah zat-zat yang terkandung dalam makanan menjadi energi. Gas, bensin, solar, kerikil  bara, dan minyak tanah juga merupakan sumber energi kimia. Jika contoh-contoh sumber energi tersebut direaksikan, sanggup menghasilkan energi.

b. Energi Listrik 
Saat kau menonton televisi atau mendengarkan radio, darimana televisi dan radio memperoleh energi? Televisi dan radio serta alat-alat elektro lainnya memperoleh energi dari energi listrik. Pada televisi, energi listrik ini diubah menjadi energi cahaya dan energi bunyi, sedangkan pada radio diubah menjadi energi bunyi.

c. Energi Panas 
Energi panas sering disebut juga energi kalor, merupakan salah satu bentuk energi yang berasal dari partikel-partikel penyusun suatu benda. Mengapa partikel-partikel suatu benda sanggup menghasilkan energi panas? Kamu telah mengetahui bahwa setiap benda tersusun oleh partikel- partikel. Jika ada sesuatu yang sanggup menciptakan partikel- partikel ini bergerak, benda tersebut akan menghasilkan energi panas. Kamu mungkin pernah mendengar bahwa orang sanggup menciptakan api dari kayu kering yang digosok- gosokkan. Kayu-kayu kering yang saling digosokkan akan menjadikan panas yang sanggup memperabukan bahan-bahan yang gampang terbakar.

d. Energi Bunyi 
Untuk mengamati energi bunyi, lakukan acara sederhana berikut. Peganglah sebuah mistar, lalu getarkan mistar tersebut. Kamu akan mendengar bunyi yang dihasilkan dari getaran mistar tersebut. Dapatkah kau menjelaskannya? Ketika penggaris kau getarkan, partikel-partikel udara di sekitar mistar akan ikut bergetar, partikel-partikel inilah yang menjadikan bunyi. Dengan demikian, bunyi sanggup dihasilkan oleh getaran partikel udara di sekitar sumber bunyi. Dapatkah kau mencari pola benda-benda penghasil bunyi yang lain?

e. Energi Nuklir 
Pernahkah kau mendengar energi nuklir? Reaksi nuklir terjadi alasannya yaitu reaksi inti di dalam inti radioaktif. Contoh energi nuklir terjadi pada ledakan bom atom dan reaksi inti yang terjadi di Matahari. Energi nuklir sanggup dipakai sebagai energi pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). Di Matahari, terjadi reaksi inti fusi yang menghasilkan energi nuklir yang sangat besar sehingga energi ini merupakan sumber energi utama di bumi. 

Sumber-sumber energi yang sering dipakai menyerupai minyak bumi, gas bumi, panas bumi, dan batubara jumlahnya terbatas dan tidak sanggup diperbarui sehingga diharapkan konservasi energi. Sumber-sumber energi yang sanggup diperbarui menyerupai air, tanah, hutan, dan Matahari masih belum banyak dipergunakan sehingga sanggup dijadikan energi alternatif.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dan Bentuk-Bentuk Energi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel