Materi Mpls Perihal Kepramukaan

Berikut ini Adalah Berkas Administrasi MOPD Materi MPLS Tentang Kepramukaan yang sanggup di Download Gratis format File Microsoft Office.DOCX. Sebelumnya kami sudah pernah membagikan Materi MPLS wacana Wawasan Wiyata Mandala yang sanggup dilihat DISINI

Berkas Administrasi MOPD Materi MPLS Tentang Kepramukaan Materi MPLS Tentang Kepramukaan
Anak Pramuka Sedang Mendirikan Kemah

Materi MPLS Tentang Kepramukaan

Siapa yang tidak mengenal Pramuka!! Siapa yang tidak mengenal sosok Bapak Pandu Sedunia Robert Baden-Powell? Kapan Sejarah Gerakan Pramuka atau Kepanduan di Indonesia?? Apa Tujuan Gerakan Pramuka?

Semua itu akan kami bahas dan kami bagikan dalam bentuk file format word siap cetak biar nanti Bapak/Ibu yang kebetulan memperlihatkan bahan Kepramukaan tidak lagi mencari di google.

Kata Pramuka merupakan kependekan dari Praja Muda Karana, yang mempunyai arti Orang Muda yang Suka Berkarya.

Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun). Sedangkan yang dimaksud Kepramukaan ialah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk acara menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, simpel yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran alhasil pembentukan watak, adat dan kebijaksanaan pekerti luhur.

Kepramukaan ialah sistem pendidikan kepanduan yang diubahsuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Sejarah Gerakan Pramuka atau Kepanduan di Indonesia telah dimulai semenjak tahun 1923 yang ditandai dengan didirikannya (Belanda) Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung. Sedangkan di tahun yang sama, di Jakarta didirikan (Belanda) Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO).

Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka:
  1. memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani;
  2. menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup membangun dirinya sendiri secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri serta bahu-membahu bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara, mempunyai kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan.
Gerakan Pramuka berlandaskan prinsip-prinsip dasar sebagai berikut:
  • Iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Peduli terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup dan alam seisinya
  • Peduli terhadap dirinya pribadi
  • Taat kepada Kode Kehormatan Pramuka
Metode Kepramukaan merupakan cara berguru interaktif progresif melalui:
  • pengamalan Kode Kehormatan Pramuka;
  • belajar sambil melakukan;
  • kegiatan berkelompok, bekerjasama, dan berkompetisi;
  • kegiatan yang menarik dan menantang;
  • kegiatan di alam terbuka;
  • kehadiran orang berakal balig cukup akal yang memperlihatkan bimbingan, dorongan, dan dukungan;
  • penghargaan berupa tanda kecakapan; dan
  • satuan terpisah antara putra dan putri;
Tentu masih banyak lagi bahan berkaitan dengan Kepramukaan atau Pramuka sebagai salah satu Materi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dalam acara MOPD nanti. Tetapi damai saja kami sudah bagikan dalam betul Docx.

Download Materi MPLS Tentang Kepramukaan

Selengkapnya mengenai susunan dan isi Berkas Administrasi MOPD Materi MPLS Tentang Kepramukaan dalam format Word ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

Materi MPLS Tentang Kepramukaan


Download File :
Materi MPLS Tentang Kepramukaan
Demikianlah kiranya membuatkan Berkas Administrasi Sekolah mengenai Materi MPLS Tentang Kepramukaan dalam format Word, Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Materi Mpls Perihal Kepramukaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel