Pengertian Pembelajaran Kontekstual Berdasarkan Pakar

Pengertian Pembelajaran Kontekstual - Contextual Teaching and Learning atau yang dikenal dengan pembelajaran kontekstual merupakan konsep mencar ilmu yang membantu guru mengaitkan antara bahan yang diajarkan dengan situasi dunia konkret siswa dan mendorong siswa menciptakan hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota masyarakat (Umbara, 2006).

Pembelajaran Kontekstual dirancang dan dilaksanakan menurut landasan filosofis Kontruktivisme yaitu filosofi mencar ilmu yang menekankan bahwa mencar ilmu tidak hanya sekedar menghafal. Siswa harus mengontruksi pengetahuan di benak pikiran mereka, sebab pada dasarnya pengetahuan tidak sanggup dipisah-pisahkan menjadi fakta atau proporsi yang terpisah, tetapi mencerminkan keterampilan yang sanggup diterapkan.
 Contextual  Teaching  and Learning atau yang dikenal dengan pembelajaran kontekstual meru Pengertian Pembelajaran Kontekstual Menurut Pakar

Definisi atau pengertian pembelajaran kontekstual secara umum belum disepakati oleh para pakar, namun berkaitan dengan dasar dan unsur-unsur kuncinya ludang keringh banyak disepakati. Dewasa ini pembelajaran kontekstual telah berkembang di negara-negara maju dengan aneka macam nama. Di negeri Belanda berkembang apa yang disebut dengan Realistic Mathematic Education (RME) yang menjelaskan bahwa pembelajaran matematika harus dikaitkan dengan kehidupan konkret siswa. Di Amerika berkembang apa yang disebut Contexstual Teaching and Learning (CTL) yang pada dasarnya membantu guru untuk mengaitkan pengetahuan yang dipelajarinya dengan kehidupan mereka. Sementara itu di Michigan juga berkembang Connected Mathematic Projec (CMP) yang bertujuan mengintegrasikan inspirasi matematika ke dalam konteks kehidupan konkret dengan asa siswa sanggup memahami apa yang dipelajarinya dengan baik dan gampang.

Kontekstual yaitu salah satu prinsip pembelajaran yang memungkinkan siswa mencar ilmu dengan penuh arti. Yang dimaksud konteks disini yaitu tujuan, isi, sumber, sasaran, guru, metode, hasil,kematangan, dan lingkungan.

Dari aneka macam definisi di atas sanggup disimpulkan bahwa pengertian pembelajaran kontekstual yaitu konsep mencar ilmu dimana guru mengmunculkan dunia konkret ke dalam kelas dan mendorong siswa menciptakan hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, sementara siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dari konteks yang terbatas, sedikit demi sedikit dan dari proses mengkonstruksi sendiri sebagai bekal untuk memecahkan persoalan dalam kehidupannya sebagai anggota masyarakat.


Sumber:
  • Republik Indonesia, Undang-Undang Sisdiknas (Bandung:Citra Umbara, 2006), hlm. 5
  • Nurhadi dan Gerrad Senduk Agus, Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning/CTL) Dan Penerapannya Dalam KBK (Malang: Universitas Negeri Malang, 2003), hlm.11

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Pembelajaran Kontekstual Berdasarkan Pakar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel