Cara Mudah Budidaya Kaktus Candi Bagi Pemula


Para pecinta tumbuhan pasti mengetahui flora satu ini. Tanaman ini sangat diketahui dengan durinya. Dari banyak sekali jenis tanaman berduri, kaktus memiliki bentuk yang unik karena kaktus juga memiliki daun yang berganti bentuk menjadi duri. Menurut observasi, kaktus bisa membersihkan air pada racun jenis arsenic serta mampu membunuh kuman di dalam air minum alasannya adalah kaktus mempunyai kandungan zat mucilago. Selain itu, kaktus mempunyai kandungan vitamin C meraih 9,4 mg. Kaget bukan mengetahui kaktus memiliki banyak manfaat. Bukan cuma itu, kaktus mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi.





Makin jatuh cinta bukan dengan tanaman yang satu ini. Tidak hanya hingga disini saja manfaat kaktus. Penjelasan berikutakan semakin menciptakan anda ingin memelihara kaktus alasannya kaktus ternyata ialah flora terbaik untuk menghemat efek radiasi terlalu besar di udara. Pilihan cocok bagi ibu-ibu yang sungguh takut akan dampak radiasi alat elektornilk mirip komputer, televisi dan yang lain untuk melindungi keluarga.





Pecinta kaktus wajib tahu nih akan jenis kaktus satu ini. Kaktus ini sangat lazim dimiliki pengumpul kaktus sebab flora kaktus satu ini tergolong tidak langka. Tanaman kaktus ini asli berasal dari Amerika dengan jenis Cereus Tetragonous. Di Indonesia kaktus ini diketahui dengan nama popular kaktus candi dikarenakan kaktus ini mempunyai banyak anak pada bagian samping-sampingnya mirip berkerumun dalam satu akar.





Bicara soal harga, kaktus candi termasuk kaktus murah dengan kisaran harga Rp 20.000,00 – Rp 25.000,00 tergantung ukuran. Harga tersebut tidak sepadan dengan tumbuhan-tumbuhan yang sedang populer ketika ini, jadi anda tidak butuhragu untuk membelinya. Anda mampu menimbulkan ini peluang usaha bila anda sedang bingung mencari pandangan baru bisnis yang gampang dan sedang tren. Hanya dengan modal pembelian kaktus dengan harga Rp 25.000,00, anda mampu membudidayakannya menjadi 10x lipat dan bisa langsung menjual. Lalu bagaimana membudidayakan kaktus jenis Cereus Tetragonous ini?





Panduan Cara Praktis Budidaya Kaktus Candi bagi Pemula





Berikut cara memperbanyak kaktus candi untuk mendapatkan uang.





  • Patahkan atau potong anakan-anakan kaktus yang segar.




Walaupun kaktus terkenal akan durinya, kaktus candi tergolong memiliki duri yang tidak begitu tajam sehingga anda mampu memakai tangan. Jika anda mempunyai keraguan atau kurang yakin akan keselamatan, anda dapat menggunakan sarung tangan dan gunting khusus tumbuhan. Potong anakan kaktus sebisa dan sebanyak mungkin sehingga mengurangi waktu dalam budidaya seperti pada gambar tahapan selanjutnya.





  • Pengeringan anakan kaktus yang sudah diiris




Setelah jumlah anakan kaktus candi sudah sesuai dengan yang anda butuhkan, gunakan tisu untuk menyeramkan getah pada bagian bawah kaktus. Dalam proses ini anda mampu menyemprotkan sedikit alcohol atau hand sanitizer yang gampang didapat padan keadaan dikala ini, lalu lap lagi dengan tisu. Hal ini berkhasiat untuk menghilangkan basil pada kaktus. Keringkan semua getah kaktus dan simpan dengan menggunakan tisu pada daerah yang sejuk dan tidak lembab. Biarkan kaktus selama kurang lebih 4 hari. Proses ini bermaksud untuk mengeringkan bawah kaktus sehingga kaktus tidak bau.





  • Siapkan media untuk mengawali budidaya kaktus candi




Siapkan pot kecil atau anda bisa memakai bekas air mineral gelas selaku kawasan atau wadah tanam kaktus. Selain ekonomis, pot berskala kecil ini juga berguna agar tumbuh kembang kaktus tidak gampang besar sehingga bisa menjadi tumbuhan hias mini nantinya. Jika andaingin budidaya kaktus untuk meperindah rumah anda atau selaku hiasan ruangan, anda mampu langsung membeli atau menentukan pot hias mini sebagai wadah tanam.





Menurut pengalaman penulis, media yang dipakai untuk menanam kaktus candi tidaklah susah atau mudah didapatkan. Anda cukup berbelanja tanah yang sudah bercampur dengan pupuk dan dengan mudah didapatkan di kios pedagang tanaman. 1 karung umumnya dijual dengan harga Rp 10.000,00 saja. Anda bisa memakai atau mencampur sekam pada media tanam anda, bila anda ingn menghemat media tanah yang ada suoaya tidak boros dan dapat meminimalkan pengeluaran anda selaku bisnis pemula. Jika anda ingin hasil yang lebih maksimal, anda mampu memakai media tanam dengan komposisi terdiridari pasir malang, sekam, printil kambing dengan perbandingan 1:1:1.





  • Tanam kaktus yang telah dikeringkan pada media yang sudah disiapkan




Langkah terakhir terbilang gampang dan tidak menggunakan teknik tertentu dalam proses menanam kaktus. Masukan media tanah kedalam pot, lalu anda hanya perlu tanam atau tancapkan begitu saja anakan kaktus yang sudah dikeringkan. Siram kaktus sampai tanah betul-betul lembap atau hingga air mengalir keluar dari bawah.





Hal yang perlu dikenang: Proses penanaman kaktus terbilang sungguh gampang, namun banyak pemiliki flora kaktus mengeluhkan susahnya merawat tumbuhan kaktus. Kaktus ialah jenis tumbuhan yang mampu bertahan usang dengan cuaca yang sungguh panas. Hal ini disebabkan sebab kaktus memiliki tempat untuk cadangan air dalam dirinya. Kesalahan biasa yang dijalankan para pecinta kaktus yaitu mereka cenderung:





  1. Meletakkan kaktus didalam ruangan tanpa adanya sinar matahari sama sekali
  2. Terlalu sering menyiram




Jadi, anda cuma perlu melaksanakan hal sebaliknya dari poin-poin diatas. Anda cuma perlu menyiram kaktus minimal seminggu sekali. Walaupun sering kali kaktus anda terlihat sungguh kering, tetapi tanah bab dalam atau bawah terkadang masih cukup basah atau cukup air. Jika anda ingin memperindah rumah anda dengan meletakkan kaktus didalam ruangan bukan hal yang salah. Anda cuma perlu memperhatikan dengan meletakkan kaktus pada daerah yang terkena sinar matahari tidak langsung. Tetapi bila keadaan ruangan rumah anda tidak memungkinkan untuk menerima sinar matahari, anda mampu sesekali mengeluatkan kaktus ditempat yang terkena sinar matahari. Anda mampu menaruh kembalipada sore hari. Jika anda benar-benar ingin budidaya kaktus untuk bisnis, saya sarankan untuk meletakkan kaktus di luar ruangan tetapi mempunyai atap, sehingga kaktus tidak sering terkena hujan tetapi tetap menerima sinar matahari tidak pribadi saban hari.





Periksa kaktus sepekan setelah penanaman. Biasanya akar kecil telah tumbuh, dan anda mampu memindahkan kaktus pada pot yang lebih besar. Hal ini bermaksud supaya kaktus dapat badan besar dan mempunyai banyak anak-anakan lagi, sehingga anda dapat mengawali proses budidaya gres yang lebih banyak lagi. Perawatan lanjutan supaya kaktus subur dan gampang meningkat biak bisa dengan menambahkan vitamin B1 dengan dosis yang sesuai yaitu satu tutup botol untuk 2 liter air.





Menanam kaktus sangat cocok bagi orang-orang di kawasan perkotaan yang memiliki kegiatan serta polusi tinggi karena kaktus berkhasiat membersihkan atau memfilter polusi yang ada. Kecocokokan tanaman kaktus dimiliki bagi masyarakat perkotaan alasannya tidak memerlukan perawatan saban hari, cukup sepekan sekali dimana para pekerja memiliki hari kalem pada hari Minggu. Selain itu, mampu menambah ruangan tampakhijau dan estetik.





Demikian ulasan perihal budidaya kaktus candi bagi pemula, supaya berfaedah dan mampu menambah pengetahuan anda.


Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Budidaya Kaktus Candi Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel