Pengertian Atom, Ion, Dan Molekul

Benda-benda yang lunak mirip kapur tulis, kalau kita potong menjadi dua, salah satu potongan kapur sanggup dibagi lagi menjadi dua. Salah satu bagian, sanggup dibagi lagi menjadi dua lagi dan kalau pembagian diteruskan sehingga bagian-bagian kapur menjadi sangat kecil, akibatnya bab itu tidak sanggup dibagi lagi. 

Menurut Democritus bab terkecil benda yang tidak sanggup dibagi lagi disebut atom. Dalam bahasa Yunani atom berarti tidak sanggup dibagi lagi, sedangkan Aristoteles beropini bahwa atom sanggup dibagi lagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil yang tidak sanggup dibagi lagi. 

Pada tahun 1803 John Dalton, seorang guru sekolah di Inggris yang jago dalam bidang kimia dan fisika, menurut inovasi ketika itu, mengajukan suatu teori yang menegaskan bahwa bahan terdiri atas atom.


1. Postulat Teori Atom Dalton
Postulat Dalton perihal atom adalah:
  1. Setiap bahan terdiri atas partikel yang beliau sebut atom.
  2. Unsur yaitu bahan yang terdiri atas atom-atom yang sejenis.
  3. Atom suatu unsur yaitu identik, tetapi berbeda dengan atom unsur lain.
  4. Senyawa yaitu bahan yang terdiri atas dua atau lebih jenis atom dengan perbandingan tertentu.
  5. Atom tidak sanggup diciptakan maupun tidak sanggup dimusnahkan dan tidak sanggup diubah menjadi atom lain melalui reaksi kimia. Reaksi kimia hanyalah penataan ulang (reorganisasi) atom.

Menurut Dalton semua bahan terdiri atas atom. Untuk selanjutnya kita akan mempelajari perihal partikel-partikel bahan yang mencakup atom, molekul, dan ion.

a. Atom
Atom merupakan bab terkecil dari unsur. Atom bersifat tidak bermuatan (netral). Setiap unsur terdiri dari homogen atom, artinya bahwa atom-atom unsur yang sama mempunyai sifat yang sama. Oleh lantaran itu, atom unsur diberi lambang yang sama dengan lambang unsurnya.

Jadi, atom nitrogen diberi lambang N dan atom karbon dengan lambang C. Atom unsur yang satu berbeda dengan atom unsur yang lainnya. Perbedaan itu sanggup diibaratkan bahwa butir-butir jagung tidak sama dengan butir-butir beras.

b. Molekul
Atom-atom mempunyai kecenderungan stabil dengan cara mengikat atom lain yang sama atau tidak sama. Molekul yang terdiri dari atom-atom yang sama kita sebut molekul unsur, sedangkan yang terdiri dari atom-atom yang berbeda disebut molekul senyawa.

Contoh:
- molekul unsur
molekul O2, molekul H2, molekul N2, molekul Cl2.

- molekul senyawa
molekul air (H2O); molekul gula (C6H12O6); molekul garam dapur
NaCl

Perhatikan gambar berikut.
Gambar perbedaan antara atom, molekul unsur, dan molekul senyawa.

 salah satu potongan kapur sanggup dibagi lagi menjadi dua Pengertian  Atom, Ion, dan Molekul

Perbedaan antara atom, molekul atom, molekul unsur, dan molekul senyawa.


c. Ion
Ion adalah atom atau molekul yang bermuatan listrik, sanggup kasatmata maupun negatif. Ion bermuatan negatif disebut anion, terjadi lantaran atom atau molekul menangkap elektron, satu atau lebih. Sedangkan ion yang bermuatan kasatmata disebut kation, terjadi lantaran atom atau molekul melepaskan satu atau lebih elektron. Ion yang terdiri dari satu atom disebut ion tunggal, dan ion yang terdiri dari dua atom atau lebih disebut ion poliatom.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Atom, Ion, Dan Molekul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel