Materi Mpls Perihal Wawasan Wiyata Mandala

Berikut ini yaitu Berkas Administrasi Materi MPL Tentang Wawasan Wiyata Mandala yang bisa di Download file format Microsoft Office Word.

Materi MPL Tentang Wawasan Wiyata Mandala Materi MPLS Tentang Wawasan Wiyata Mandala
Download Materi MPLS Tentang Wawasan Wiyata Mandala

Materi MPLS Tentang Wawasan Wiyata Mandala

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau dahulu disebut Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) yakni acara di Tahun Pelajaran Baru dalam rangka menyambut Peserta Didik Baru (Siswa-Siswi) dengan membuatkan Kegiatan yang konkret dan menyenangkan. Adapun salah satunya yakni Wawasan Wiyata Mandala yang akan kami bahas.

A. ARTI DAN MAKNA WAWASAN WIYATA MANDALA

Wawasan : Suatu pandangan atau perilaku yang mendalam terhadap suatu hakikat.
Wiyata : Pendidikan Mandala : Tempat atau lingkungan
Wiyata mandala yaitu perilaku menghargai dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekolah sebagai daerah menuntut ilmu pengetahuan.

Unsur-unsur wiyata mandala:

  1. Sekolah merupakan lingkungan pendidikan
  2. Kepala sekolah mempunyai wewenang dan tanggung jawab penuh atas penyelenggaraan pendidikan dalam lingkungan sekolah.
  3. Antara guru dan orang renta siswa harus ada saling pengertian dan kerjasama dekat untuk mengemban kiprah pendidikan (hubungan yang serasi)
  4. Warga sekolah di dalam maupun di luar sekolah harus menjunjung tinggi martabat dan gambaran guru.
  5. Sekolah harus bertumpu pada masyarakat sekitarnya dan mendukung antarwarga.

B. SEKOLAH DAN FUNGSINYA

Sekolah merupakan daerah penyelenggaraan PBM, menanamkan dan mengembangkan banyak sekali nilai, ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan. Sekolah merupakan forum pendidikan formal daerah berlangsungnya PBM untuk membina dan mengembangkan:

  1. Ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Pandangan hidup/kepribadian
  3. Hubungan antara insan dengan lingkungan atau insan dengan Tuhannya
  4. Kemampuan berkarya.

C. FUNGSI SEKOLAH

Fungsi sekolah yaitu sebagai daerah masyarakat mencar ilmu alasannya yaitu mempunyai aturan/tata tertib kehidupan yang mengatur kekerabatan antara guru, pengelola pendidikan siswa dalam PBM untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dlam suasana yang dinamis.

D. CIRI-CIRI SEKOLAH SEBAGAI MASYARALAT BELAJAR

Ciri-ciri sekolah sebagai masyarakat mencar ilmu yaitu :

  1. Ada guru dan siswa, timbulnya PBM yang tertib
  2. Tercapainya masyarakat yang sadar, mau mencar ilmu dan bekerja keras.
  3. Terbentuknya insan Indonesia seutuhnya.

E. PRINSIP SEKOLAH

Sekolah sebagai Wiyata Mandala selain harus bertumpu pada masyarakat sekitarnya, juga harus mencegah masuknya faham perilaku dan perbuatan yang secara sadar ataupun tidak sanggup menjadikan kontradiksi antara sesama alasannya yaitu perbedaan suku, agama, asal/usul/keturunan, tingkat sosial ekonomi serta perbedaan paham politik. Sekolah dihentikan hidup menyendiri melepaskan diri dari tantangan sosial budaya dalam masyarakat daerah sekolah itu berada. Sekolah juga menjadi suri contoh bagi kehidupan masyarakat sekitarnya, serta bisa mencegah masuknya perilaku dan perbuatan yang akan menjadikan pertentangan.

Untuk itu sekolah mempunyai prinsip-prinsip sebagai berikut :

  1. Sekolah sebagai wadah/lembaga yang menawarkan bekal hidup. Dalam hal ini sekolah seharusnya bukan hanya sekedar forum yang mencetak para intelektual muda namun lebih dari itu sekolah harus menjadi rumah kedua yang menawarkan pelayanan dan pengalaman perihal hidup, mulai dari berorganisasi, bermasyarakat (bersosialisasi), pendidikan lingkungan hidup (PLH) atau bahkan pengalaman hidup yang sesungguhnya.
  2. Sekolah sebagai institusi daerah penerima didik mencar ilmu dibawah bimbingan pendidik. Bimbingan lebih dari sekedar pengajaran. Dalam bimbingan kiprah pendidik berubah dari seorang pendidik menjadi seorang orangtua bahkan menjadi seorang kakak.
  3. Sekolah sebagai forum dengan pelayanan yang adil/merata bagi stakeholdernya. Hal tersebut bisa berupa pemerataan kesempatan mendapat transfer of knowledge, maupun transfer of experience, dengan tanpa membedakan baik dari segi kemampuan ekonomi, kemampuan intelegensia, dan juga kemampuan fisik (gagasan sekolah inklusi).
  4. Sekolah sebagai forum pengembangan talenta dan minat siswa. Prinsip ini sejalan dengan teori multiple intelligence (Howard Gardner) yang memandang bahwa kecerdasan intelektual bukanlah satu-satunya yang perlu diperhatikan oleh forum pendidikan, terutama sekolah. Kemampuan bersosialisasi, kemampuan kinestik, kemampuan seni dan kemampuan-kemampuan lainnya juga perlu diperhatikan secara seimbang.

F. PENGGUNAAN SEKOLAH

Sekolah sebagai suatu forum pendidikan yang diperuntukan sebagai daerah proses acara mencar ilmu mengajar, tidak diperbolehkan dijadikan sebagai daerah :

  1. Ajang promosi /penjualan produk-produk perniagaan yang tidak berafiliasi dengan pendidikan.
  2. Sekolah merupakan lingkungan bebas r0k0k bagi semua pihak.
  3. Penyebaran aliran s3sat atau penyebarluasan aliran agama tertentu yang bertentangan dengan undang-undang.
  4. Propaganda p0litik/kampanye.
  5. dan seterusnya....

G. PENATAAN WIYATA MANDALA DALAM UPAYA KETAHANAN SEKOLAH

H. TUGAS, WEWENANG DAN TANGGUNGJAWAB KEPALA SEKOLAH DALAM HAL PELAKSANAAN WIYATA MANDALA

I. MEKANISME DALAM PELAKSANAAN WIYATA MANDALA

Download Materi MPLS Tentang Wawasan Wiyata Mandala

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Administrasi Materi MPLS Tentang Wawasan Wiyata Mandala dalam format Word ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

Materi MPLS Tentang Wawasan Wiyata Mandala


Download File :
Materi MPLS Tentang Wawasan Wiyata Mandala
Demikianlah kiranya membuatkan Berkas Administrasi Sekolah mengenai Materi MPLS Tentang Wawasan Wiyata Mandala dalam format Word, Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Materi Mpls Perihal Wawasan Wiyata Mandala"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel