Pedoman Nsdc (National School Debating Championship) 2019

- Tidak kalah bergengsinya seperi LDBI (Lomba Debat Bahasa Indonesia), kali ini Debat memakai Bahasa Inggris yang diberinama National Schools Debating Championship (NSDC) merupakan lomba debat bahasa Inggris tingkat nasional. Lomba ini dilaksanakan untuk menjaring siswa-siswa unggul yang akan mengikuti World School Debating Championship (WSDC), ke tingkat Internasional.

National Schools Debating Championship ini merupakan suatu wahana bagi seluruh penerima didik, sebagai ajang unjuk kemampuan dan kreativitas berdebat dengan aneka macam bidang ilmu pengetahuan wacana isu-isu global masa sekarang supaya berpikir kritis serta bisa mengembangkan potensi secara menyeluruh dan seimbang pada semua aspek kecerdasan. Kegiatan ini akan diikuti oleh 34 tim perwakilan dari 34 provinsi seluruh Indonesia yang terdiri dari 3 (tiga) orang siswa dan 1 (satu) orang pendamping. Sehubungan hal tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia akan melakukan aktivitas NSDC ini pada tanggal 13-18 Agustus 2019, di Provinsi Kalimantan Selatan.


Pedoman NSDC (National School Debating Championship) 2019 - Globalisasi sebagai suatu proses sosial dan proses alamiah akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain dan mewujudkan satu tatanan kehidupan gres atau kesatuan ko-eksistensi dengan mengesampingkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat. Fenomena ini bukan hanya membawa dampak tetapi juga menjadi memperlihatkan tantangan bagi generasi muda untuk terus meningkatkan kompetensi. Globalisasi ini bukan hanya mengharuskan generasi muda untuk bersaing dalam berkomunkasi secara universal, namun kemampuan analitis dan berpikir kritis menjadi sebuah kemampuan yang juga tidak sanggup dikesampingkan lagi.

Peningkatan kompetensi dan keterampilan ini sejalan dengan semangat implementasi kurikulum 2013. Salah satu upaya untuk mewujudkan peningkatan kompetensi tersebut yaitu dengan mewadahi siswa, dalam hal ini siswa SMA, dengan aktivitas nyata yang memacu semangat berkompetisi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan melalui bakat/minat, antara lain yaitu dengan melakukan aktivitas Lomba Debat Bahasa Inggris atau National Schools Debating Championship (NSDC) Tingkat Nasional.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 di Provinsi Kalimantan Selatan ini bertujuan untuk melatih siswa Sekolah Menengan Atas supaya terbiasa berpikir kreatif dan analitis, bisa berkomunikasi secara efektif serta memberikan argumentasi di depan publik dengan bahasa inggris yang baik serta sanggup menjadi modal yang baik dalam berkompetisi dalam persaingan yang semakin global.

Buku Pedoman NSDC (National School Debating Championship) 2019 ini disusun dengan maksud memperlihatkan citra pelaksanaan kegiatan, sehingga sanggup dipakai sebagai teladan bagi pihak-pihak terkait yang membutuhkan informasi mengenai aktivitas National Schools Debating Championship (NSDC).

Kriteria Peserta Lomba National School Debating Championship Tahun 2019
  1. Perwakilan provinsi yang merupakan 3 penerima terbaik (Best Speakers) yang didapat dari hasil kompetisi yang diselenggarakan oleh provinsi.
  2. Peserta merupakan Warga Negara Indonesia yang bertempat tinggal dan menempuh pendidikan di wilayah Republik Indonesia.
  3. Pendebat yaitu penerima didik aktif (kelas X, XI, XII) pada ketika seleksi tingkat nasional, di SMA/MA Negeri atau Swasta yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Pelajar.
  4. Peserta belum berusia 19 tahun pada ketika seleksi tingkat provinsi.
  5. Peserta belum pernah menjadi pemenang (Juara Tim 1,2,3,4 / Semifinalis) maupun pembicara terbaik (Best Speakers) dari NSDC dan LDBI tingkat nasional.
  6. Juri N1 yaitu guru tetap sekolah dari provinsi asal pendebat.
  7. Juri N1 wajib mengikuti seminar penjurian, ratifikasi penjurian dan proses penjurian selama lomba. Apabila juri N1 tidak mengikuti jadwal kegiatan, maka tim provinsi dari juri N1 bersangkutan hanya diperbolehkan bertanding di babak penyisihan.
Mekanisme Penilaian Lomba National School Debating Championship Tahun 2019
  1. Penilaian ditentukan menurut hukum dalam sistem World Style.
  2. Penilaian terdiri atas evaluasi substanti-ve speech dan reply speech;
  3. Penilaian menurut pada ketentuan berikut:
Substantive Speech:

Reply Speech:


Penghargaan NSDC tingkat nasional yaitu sebagai berikut :

 kali ini Debat memakai Bahasa Inggris yang diberinama National Schools Debating Champ Pedoman NSDC (National School Debating Championship) 2019

Penghargaan kategori tim:
  1. Piala dan medali emas diberikan kepada Juara 1; Piala dan medali perak diberikan kepada Juara 2; dan Piala dan medali perunggu diberikan kepada Juara 3 (dua tim).
  2. Hadiah Tabanas diberikan kepada Juara1,2 & 3 (dua tim).
  3. Piala diberikan kepada tim terbaik kategori A, B, C,D dan tim favorit
  4. Penghargaan untuk tim favorit akan dinilai oleh Tim Direktorat Sekolah Menengan Atas Kemendikbud berkoordinasi dengan tim juri inti NSDC.
  5. Penghargaan untuk tim favorit didasarkan pada disiplin administratif, sportifitas, sikap dan sikap anggota tim.
2. Penghargaan kategori individu:

Piala diberikan kepada 15 pendebat terbaik dengan kategori sebagai berikut:
  1. Medali emas diberikan kepada peringkat 1 hingga 5;
  2. Medali perak diberikan kepada peringkat 6 hingga 10;
  3. Medali perunggu diberikan kepada peringkat 11 hingga 15.
  4. Trofi diberikan kepada peringkat pertama pembicara terbaik dan peringkat pertama Juri N1.
  5. Piagam penghargaan diberikan kepada 5 orang Juri N1 terbaik.
3. Penghargaan di tingkat Sekolah dan Provinsi diberikan oleh masing-masing sekolah dan penyelenggara tingkat Provinsi.

Jadwal Kegiatan National School Debating Championship 2019

 kali ini Debat memakai Bahasa Inggris yang diberinama National Schools Debating Champ Pedoman NSDC (National School Debating Championship) 2019

Itulah kiranya beberapa Point Penting mengenai Pedoman National School Debating Championship Tahun 2019, supaya lebih terang bisa dilihat melalui preview atau eksklusif saja Download melalui link yang sudah kami sediakan dibawah


Itulah kiranya preview dari file yang dibagikan kali ini. Bagi Anda yang membutuhkan secara lengkap dalam bentuk file, kami sudah sediakan melalui tautan link dibawah ini ;
Pedoman NSDC (National School Debating Championship) 2019 SIMPAN

Update : 02/06/2019

Bagi yang membutuhkan saja bisa dengan gampang mendapatkannya melalui link yang kami sediakan berikut ini :
Format Buku Pencatat Inventaris Sekolah/ Madrasah Download
Itulah kiranya informasi dan menyebarkan file Contoh Format Excel Buku Pajak. Semoga bermanfaat.

1. Perangkat Administrasi Kepala Sekolah MI Tahun 2018/2019 Download
2. Perangkat Administrasi Kepala Sekolah MTs Tahun 2018/2019 Download
3. Perangkat Administrasi Kepala Sekolah MA Tahun 2018/2019 Download

Demikianlah kiranya menyebarkan file dan Informasi mengenai Pedoman NSDC (National School Debating Championship) 2019, Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pedoman Nsdc (National School Debating Championship) 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel