Pengertian Sistem Warta Akuntansi


Pengertian Sistem Informasi Akuntansi - Salah satu sistem gosip diantara banyak sekali sistem gosip yang dipakai administrasi dalam mengelola perusahaan yakni sistem gosip akuntansi. Sebelumnya telah diuraikan pada pengertian akuntansi berdasarkan para pakar

Dalam bahasan ini, sistem gosip akuntansi yakni kumpulan sumber daya ibarat orang dan perkomplitan, yang dirancang untuk mengubah data keuangan dan data lainnya menjadi gosip (Bodnar dan Hopwood, 2004).

Penggunaan istilah sistem gosip akuntansi berdasarkan Bodnar dan Hopwood (2004) mempunyai cakupan yang antara lain meliputi siklus pemrosesan transaksi, penggunaan teknologi, dan pengembangan sistem informasi.

Dalam definisi lain, sistem gosip akuntansi berdasarkan Wilkinson dan Cerullo (2000: 7) dikatakan sebagai:
 Salah satu sistem gosip diantara banyak sekali sistem gosip yang dipakai administrasi d Pengertian Sistem Informasi Akuntansi
“a unified structure within in entity, such as a business firm, that employs physical resources and other components to transform economic data into accounting information, with the purpose of satisfying the information needs of a variety of users”.

Pengertian sistem gosip akuntansi berdasarkan Mulyadi (2001), merupakan organisasi formulir, catatan dan laporan yang dikoordinasikan sedemikian rupa untuk menyediakan gosip keuangan yang dibutuhkan oleh administrasi untuk mengelola perusahaan. Tujuan utama dari penyusunan sistem gosip akuntansi yakni menyediakan gosip akuntansi kepada banyak sekali pihak pengguna baik pihak intern maupun pihak ekstern.

Tujuan penyusunan sistem gosip akuntansi berdasarkan Mulyadi (2001) sanggup dijabarkan sebagai diberikut:
  1. Untuk menyediakan gosip bagi pengelola perjuangan baru. Kegiatan pengembangan sistem gosip akuntansi terjadi jikalau perusahaan gres didirikan atau suatu perusahaan membuat perjuangan gres yang berbeda dengan perjuangan yang dijalankan selama ini.
  2. Untuk meningkatkan kualitas gosip yang dihasilkan sistem yang sudah berjalan. Perkembangan perjuangan perusahaan berdasarkan sistem akuntansi untuk menghasilkan laporan dengan mutu gosip yang ludang keringh baik dan sempurna dalam penyajiannya, dengan struktur gosip yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan manajemen.
  3. Memperbaiki pengendalian dan pengecekan intern. Akuntansi menjadi alat pertanggungjawabanan kekayaan suatu organisasi. Pengembangan sistem gosip akuntansi seringkali ditujukan untuk memperbaiki pinjaman terhadap kekayaan organisasi sehingga pertanggung jawabanan terhadap pengguna kekayaan organisasi sanggup dilaksanakan dengan baik. Pengembangan sistem gosip akuntansi bertujuan untuk memperbaiki pengecekan intern biar gosip yang dihasilkan sanggup dipercaya.
  4. Untuk menekan biaya klerikal dalam penyelenggaraan catatan akuntansi. Pengembangan sistem gosip akuntansi sering dipakai untuk menghemat biaya gosip yang merupakan barang ekonomi, sehingga untuk memperolehnya diharapkan pengorbanan sumber ekonomi lainnya.
Sedangkan komponen yang membangun sistem gosip akuntansi meliputi lima komponen (Romney dan Steinbart, 2003) yakni:
  1. Orang yang mengoperasikan sistem dan melakukan banyak sekali macam fungsi.
  2. Prosedur manual dan otomatis, meliputi pengumpulan, pemrosesan dan penyimpanan data yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan.
  3. Data yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan.
  4. Software yang dipakai untuk memproses data perusahaan.
  5. Infrastruktur teknologi gosip yang meliputi komputer, alat komunikasi jaringan.
Demikian uraian pengertian sistem gosip akuntansi berdasarkan para pakar termasuk tujuan penyusunan dan komponen yang membangunnya. Semoga berguna bagi para pembaca.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Sistem Warta Akuntansi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel