Pengertian Kepala Sekolah Berdasarkan Para Ahli


Pengertian Kepala Sekolah Menurut Para Ahli - Kepala Sekolah berasal dari dua kata yakni “Kepala” dan “Sekolah”. Kata kepala sanggup diartikan sebagai ketua atau pemimpin dalam suatu organisasi atau lembaga. Sedangkan kata sekolah diartikan sebagai suatu forum dimana menjadi kawasan mendapatkan dan memmemberikan pelajaran. Secara singkat Kepala Sekolah sanggup diartikan pemimpin sekolah atau suatu forum dimana kawasan mendapatkan dan memmemberikan pelajaran.


Wahjosumidjo (2005: 83) mendefinisikan Kepala Sekolah sebagai seorang tenaga fungsional guru yang dimemberikan kiprah untuk memimpin suatu sekolah dimana diselenggarakan proses berguru mengajar, atau kawasan dimana terjadi interaksi antara guru yang memmemberikan pelajaran dan pelajar dan siswa sebagai peserta pelajaran.

Dari definisi tersebut di atas, secara sederhana pengertian Kepala Sekolah ialah Seorang tenaga fungsional guru yang dimemberikan kiprah untuk memimpin suatu sekolah dimana diselenggarakan proses berguru mengajar atau kawasan dimana terjadi interaksi antara guru yang memmemberikan pelajaran dan pelajar dan siswa yang mendapatkan pelajaran. Dengan ini Kepala Sekolah sanggup disebut sebagai pemimpin di satuan pendidikan yang tugasnya menjalankan menajemen satuan pendidikan yang dipimpinnya. Baca juga fungsi dan kiprah kepala sekolah.

Di tingkat operasional, Kepala Sekolah ialah orang yang berposisi di garis terdepan yang mengkoordinasikan upaya meningkatkan pembelajaran bermutu. Kepala Sekolah diangkat untuk menduduki jabatan bertanggung tpendapat mengkoordinasikan upaya bersama mencapai tujuan pendidikan di tingkatan sekolah yang dipimpin. Tentu saja Kepala Sekolah bukan satu-satunya yang bertanggung tpendapat penuh terhadap suatu sekolah, sebab masih banyak faktor lain yang perlu diperhitungkan. Selain kepala sekolah, ada guru yang dipandang sebagai faktor kunci yang berhadapan eksklusif dengan para peserta didik dan faktor lain menyerupai lingkungan yang mempengaruhi proses pembelajaran. Namun Kepala Sekolah mempunyai kiprah yang besar lengan berkuasa terhadap jalannya sistem yang ada di sekolah.

Menurut Mulyasa (2007: 24), pengertian kepala sekolah ialah salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kepala Sekolah ialah penanggung tpendapat atas penyelenggaraan pendidikan, manajemen sekolah, pelatihan tenaga pendidikan lainnya, pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana juga sebagai supervisor pada sekolah yang dipimpinnya. Jika dilihat dari syarat guru untuk menjadi Kepala Sekolah, Kepala Sekolah bisa dikatakan sebagai jenjang karier dari jabatan fungsional guru. Apabila seorang guru mempunyai kompetensi sebagai Kepala Sekolah dan telah memenuhi persyaratan atau tes tertentu maka guru tersebut sanggup memperoleh jabatan Kepala Sekolah.

Agar sekolah sanggup mencapai tujuannya secara dampak dan imbastif dan efisien, maka kepala sekolah harus melakukan fungsi-fungsi manajerial menyerupai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemmemberikanan motivasi, terlaksanakan, pengorganisasian pengendalian, memperbaiki dan inovasi. Kepala Sekolah yang baik dibutuhkan akan membentuk terlaksanakan pembelajaran yang baik pula. Jika pembelajaran di sekolah baik tentunya akan menghasilkan prestasi yang baik pula baik siswanya maupun gurunya.

Dalam Mulyasa (2007: 25) kepala Sekolah bertanggungtpendapat atas manajemen pendidikan secara mikro, yang secara eksklusif berkaitan dengan proses pembelajaran. Pada dasarnya pengelolaan sekolah menjadi tanggung tpendapat Kepala Sekolah dan guru. Namun demikian dalam mencapai keberhasilan pengelolaan sekolah kiprah serta dari para orang bau tanah dan siswa, juga turut mendukung keberhasilan itu. Di samping itu pencapaian keberhasilan, pengelolaan tersebut harus didukung oleh perilaku contoh dan kemampuan Kepala Sekolah dalam memimpin forum pendidikan yang menjadi tanggung tpendapatnya.

Kepemimpinan Kepala Sekolah dibutuhkan sanggup membuat kondisi yang memungkinkan bagi lahirnya iklim kerja dan kekerabatan antar insan yang serasi dan kondusif. Hal ini berarti bahwa seluruh komponen pendidikan di sekolah harus dikembangkan secara terpadu dalam rangka meningkatkan relevansi atau kesesuaian dengan kualitas pendidikan.

Dari pendapat sejumlah sangat menguasai di atas sanggup disimpulkan pengertian Kepala Sekolah ialah guru yang menerima kiprah embel-embel sebagai Kepala Sekolah. Meskipun guru yang menerima kiprah embel-embel Kepala Sekolah merupakan orang yang paling betanggung tpendapat terhadap aplikasi prinsip-prinsip manajemen pendidikan yang inovatif di sekolah. 
Sebagai orang yang mendapatkan kiprah embel-embel berarti kiprah pokok Kepala Sekolah tersebut ialah guru yaitu sebagai tenaga pengajar dan pendidik, maksudnya dalam suatu sekolah seorang Kepala Sekolah harus mempunyai kiprah sebagai seorang guru yang melakukan atau memmemberikankan pelajaran atau mengajar bidang studi tertentu atau memmemberikankan bimbingan. Berarti dalam hal ini, Kepala Sekolah mempunyai dua fungsi yaitu sebagai tenaga kependidikan dan tenaga pendidik.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kepala Sekolah Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel