Fungsi Dan Kiprah Kepala Sekolah

 dalam Kepala Sekolah  bertanggung  tpendapat  atas  penyelenggaraan  acara  pendidikan Fungsi dan Tugas Kepala Sekolah Fungsi dan Tugas Kepala Sekolah – Mengacu pada pasal 12 ayat 1 PP 28 tahun 1990 dalam Kepala Sekolah bertanggung tpendapat atas penyelenggaraan acara pendidikan, manajemen sekolah, training tenaga kependidikan lainnya, dan pendayagunaan serta memeliharaan sarana dan prasarana (Mulyasa, 2007).


Dijelaskan pula bahwa Kepala Sekolah sedikitnya harus bisa berfungsi sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, motivator. Namun seiring berkembangnya zaman menuju globalisasi seharusnya Kepala Sekolah sanggup menyesuaikan diri sesuai dengan fungsinya sebagai Kepala Sekolah yang professional.

Kepala Sekolah sebagai pemimpin harus mampu:
  1. Mendorong timbulnya kemauan yang berpengaruh dengan penuh semangat dan percaya diri para guru, staf dan siswa dalam melaksanakan kiprah masing-masing
  2. Memmemberikankan bimbingan dan mengarahkan para guru, staf dan para siswa serta memmemberikankan dorongan memacu dan bangun di depan demi kemajuan dan memmemberikankan ide sekolah dalam mencapai tujuan (Wahjosumidjo, 2005: 105)
Sehingga disimpulkan Tugas Kepala Sekolah yaitu sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, motivator, figur dan perantara yang dijabarkan memberikankut ini:

a. Edukator

Tugas kepala sekolah sebagai edukator, Kepala Sekolah harus mempunyai taktik yang sempurna untuk meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan di sekolahnya. Menciptakan iklim aman di sekolah, memmemberikankan saran kepada warga sekolah, memmemberikankan dorongan kepada segenap tenaga kependidikan, serta melaksanakan model pembelajaran yang menarik, menyerupai team teaching, moving class, dan mengadakan agenda akselerasi bagi akseptor didik yang cerdas di atas normal. Kepala Sekolah juga senantiasa berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh tiap guru. Dalam hal ini faktor pengalaman akan sangat mempengaruhi profesionalismenya, terutama dalam mendukung terbentuknya pemahaman tenaga kependidikan terhadap terlaksanakan tugasnya.

b. Manajer

Kepala Sekolah harus mempunyai taktik yang sempurna untuk memberdayakan tenaga kependidikan melalui kerjasama atau kooperatif, memmemberikan kesempatan kepada para tenaga kependidikan untuk meningkatkan profesinya, dan mendorong kelibatan seluruh tenaga kependidikan dalam banyak sekali acara yang menunjang agenda sekolah.

c. Administrator

Kepala Sekolah sebagai direktur mempunyai kekerabatan sangat dekat dengan banyak sekali aktifitas pengelolaan manajemen yang bersifat pencatatan, penyusunan dan pendokumenan seluruh agenda sekolah. Untuk menunjang kemampuannya dalam administrasi, Kepala Sekolah harus mempunyai kemampuan mengelola kurikulum, manajemen akseptor didik, mengelola manajemen personalia, manajemen sarana dan prasarana, manajemen kearsipan,dan mengelola manajemen keuangan. Sebagai Kepala Sekolah professional acara manajemen diatas perlu dilakukan dengan dampak dan imbastif dan efisien biar menunjang produktivitas sekolah.

d. Supervisor

Salah satu kiprah Kepala Sekolah ialah mensupervisi pekerjaan yang dilakukan oleh guru atau pegawai manajemen sekolah. Supervisi yang dimaksud ialah melaksanakan pengawasan dan pengendalian untuk meningkatkan kinerja tenaga pendidikan. Ini merupakan kontrol biar acara pendidikan di sekolah terarah pada tujuan yang telah ditetapkan. Kepala Sekolah sebagai supervisor harus diwujudkan dalam menyusun dan melaksanakan agenda supervisi pendidikan, serta memanfaatkan hasilnya. Kemampuan supervisi Kepala Sekolah sanggup diwujudkan dengan penyusunan agenda supervisi kelas, pengembangan agenda supervisi acara ekstrakulikuler, perpustakaan, laboratorium, dan ujian.

e. leader

Tugas Kepala Sekolah sebagai leader harus bisa memmemberikankan petunjuk dan pengawasan, meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan, membuka komunikasi dua arah, dan mendelegasikan tugas. Kepala Sekolah sebagai leader sanggup dianalisis dari kepribadian, pengetahuan terhadap tenaga kependidikan, visi dan misi sekolah, kemampuan mengambil keputusan, dan kemampuan komunikasi.

Dengan fungsinya sebagai leader, Kepala Sekolah sanggup dianalisis dari sifat kepemimpinan yaitu demokratis, otoriter, dan laissez faire. Ketiga sifat tersebut sering dimiliki secara bersamaan oleh seorang pemimpin. Oleh alasannya itu seorang Kepala Sekolah dituntut untut bisa mengunakan taktik memimpinya sesuai situasi yang ada di sekolah. Pengunaan taktik yang sempurna ini sesuai dengan tingkat kematangan para tenaga kependidikan, dan kombinasi yang sempurna antara sikap kiprah dan sikap hubungan.

f. Inovator

Sebagai innovator Kepala Sekolah harus mempunyai taktik yang baik untuk menjalin kekerabatan yang serasi dengan lingkungan mencari gagasan baru, mengintegrasikan setiap kegiatan, memmemberikankan teladan kepada seluruh tenaga kependidikan sekolah, dan menyebarkan model-model pembelajaran yang inovatif. Kepala Sekolah sebagai inovator tercermin dari cara-cara yang dilakukan pekerjaannya secara kontrukstif, kreatif, delegatif, integrative, rasional dan netral dan rasional, pragmatis, keteladanan, disiplin, adaptabel dan fleksibel.

g. Motivator

Kepala Sekolah harus mempunyai taktik yang sempurna untuk memmemberikankan motivasi kepada para tenaga kependidikan dalam melaksanakan banyak sekali kiprah dan fungsinya. Motivasi ini sanggup ditumbuhkan melalui pengaturan lingkungan fisik, pengaturan suasana kerja, disiplin, dorongan, pengahargaan secara dampak dan imbastif, dan penyediaan banyak sekali sumber mencar ilmu melalui pengembangan Pusat Sumber Belajar .

h. Figure

Kepala Sekolah sebagai figure merupakan fungsi yang sangat berkaitan dengan sosok teladan sebagi pemimpin yang ada di sekolah. Diharapkan Kepala Sekolah mempunyai figure yang sanggup dijadikan teladan dan teladan bagi tenaga kependidikan maupun akseptor didik. Dengan figure yang baik Kepala Sekolah akan mempunyai kewibawaan dalam memimpin sekolah.

i. Mediator

Mediator dalam hal ini ialah memediasi setiap kudang kecepejakan atau permasalahan yang terjadi di sekolah baik permasalahan antar Kepala Sekolah dengan guru, antar guru dengan guru, antar guru dengan siswa, antar orang tua/wali siswa dengan guru atau sekolah atau permasalahan lain yang bekaitan dengan sekolah. Selain itu sanggup menjadi perantara yang baik antara sekolah dengan lingkungan masyarakat untuk kelancaran proses pembelajaran di sekolah. Dengan kiprah perantara ini, dibutuhkan Kepala Sekolah sanggup menjadi perantara yang baik dalam memperlancar produktivitas sekolah.

Demikian klarifikasi fungsi dan kiprah kepala sekolah. Kesuksesan dalam setiap terlaksanakan kiprah dan fungsi kepala sekolah akan sangat dipengaruhi oleh gaya kepemimpinannya. Baca juga pengertian kepemimpinan dan tugas-tugas seorang pemimpin.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Dan Kiprah Kepala Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel