Teori Pembangunan Ekonomi Kawasan

Teori Pembangunan Ekonomi Daerah - Pembangunan ekonomi tempat yaitu suatu proses di mana pemerintah tempat dan masyarakatnya mengelola setiap sumber daya yang ada dan membentuk suatu teladan kemitraan antara pemerintah tempat dengan sektor swasta untuk membuat suatu lapangan kerja gres dan merangsang perkembangan aktivitas ekonomi (pertumbuhan ekonomi) dalam wilayah tersebut (Arsyad :2010).

Pembangunan ekonomi tempat sanggup pula diartikan sebagai suatu proses pembentukan institusi institusi baru, pembangunan industri industri alternatif, perbaikan kapasitas tenaga kerja yang ada untuk menghasilkan produk dan jasa yang ludang kecepeh baik, tujuan dari pembangunan ekonomi tempat yaitu untuk meningkatkan jumlah dan jenis peluang kerja untuk masyarakat yang di tempat tersebut sehingga untuk mencapai tujuan tersebut maka pemerintah tempat dan masyarakatnya harus secara bahu-membahu mengambil inisiatif untuk melaksanakan pembangunan tempat dengan mengelola setiap sumber daya yang ada, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

Perbedaan kondisi setiap tempat membawa implikasi bahwa teladan pembangunan yang akan diterapkan setiap tempat berbeda beda sesuai dengan karakteristik dan kekhasan daerah, alasannya yaitu peniruan teladan kudang kecepejaksanaan yang diterapkan pada suatu tempat yang berhasil belum tentu memmemberikankan manfaat yang sama bagi tempat lainnya. Sehingga kudang kecepejakan pembangunan tempat harus sesuai dengan kondisi, permasalahan, serta potensi yang di miliki tempat yang bersangkutan (Arsyad :2010),

Rahardjo Adisasmita (2005), menyatakan bahwa pembangunan wilayah (regional) merupakan fungsi dari sumberdaya alam, tenaga kerja dan sumberdaya manusia, investasi modal, prasarana dan sarana pembangunan, transportasi dan komunikasi, komposisi industri, tehnologi, situasi ekonomi dan perdagangan antar wilayah, kemampuan pendanaan dan pembiayaan pembangunan daerah, kewirausahaan, kelembagaan tempat dan lingkungan pembangunan secara luas.

Pertumbuhan regional sanggup terjadi jawaban penentuan endogen atau eksogen, yaitu faktor faktor yang terdapat di dalam tempat yang bersangkutan ataupun faktor faktor yang terdapat di luar tempat atau kombinasi keduanya.

Penentuan faktor endogen mencakup distribusi faktor-faktor produksi menyerupai tanah, tenaga kerja, dan modal sedangkan faktor-faktor eksogen yaitu tingkat seruan dari tempat lain terhadap komoditi yang dihasilkan oleh tempat tersebut (Glasson :1990). Pertumbuhan ekonomi juga sanggup dipenilaian sebagai beresiko kudang kecepejaksanaan pemerintah, khusunya dalam bidang ekonomi. Pertumbuhan ekonomi merupakan pertumbuhan yang dibuat dari aneka macam macam sektor ekonomi yang secara tidak pribadi menggambarkan tingkat pertumbuhan yang terjadi dan sebagai indikator penting bagi tempat untuk mengmemperbaiki keberhasilan pembangunan (Sirojuzilam: 2008 ).

Teori pembangunan ekonomi daerah merupakan bab penting dalam analisis ekonomi regional, alasannya yaitu petumbuhan merupakan salah satu unsur utama dalam pembangunan ekonomi regional/daerah yang memiliki implikasi kudang kecepejakan yang cukup luas, dimana target utama analisis pertumbuhan ekonomi regional yaitu untuk menjelasakan mengapa suatu tempat sanggup tumbuh cepat dan adapula tempat yang tumbuh lambat. Pada teori pertumbuhan ekonomi regional memasukkan unsur lokasi dan wilayah secara eksplisit (Sjafrizal : 2008).

Pada hakekatnya teori pembangunan ekonomi tempat membahas perihal metode analisis perekonomian suatu tempat dan teori-teori yang membahas perihal faktor faktor yang menentukkan pertumbuhan ekonomi suatu tempat terntentu. Pengembangan dari metode-metode yang menganalisis perekonomian suatu tempat penting sekali kegunaanya untuk mengumpulkan data perihal perekonomian tempat yang bersangkutan serta proses pertumbuhanya yang lalu sanggup digunakan sebagai aliran untuk menetukkan tindakantindakan apa yang harus diambil untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi yang ada.

Teori atau model pertumbuhan ekonomi regional bertujuan untuk membahas secara rinci faktor faktor yang memilih pertumbuhan ekonomi suatu wilayah, hal ini penting alasannya yaitu pada kenyataanya laju pertumbuhan ekonomi wilayah sangat bervariasi.

Demikian citra teori pembangunan ekonomi daerah yang sanggup kami share, baca juga artikel terkait lainnya untuk menambah rujukan perihal teori pembangunan ekonomi daerah.

Belum ada Komentar untuk "Teori Pembangunan Ekonomi Kawasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel