Madu Orisinil Atau Madu Palsu? Ini Cara Gampang Mendeteksinya

Jangan terkecoh dengan label atau bahasa promosi akan keaslian madu Madu Asli atau Madu Palsu? Ini Cara Praktis Mendeteksinya Jangan terkecoh dengan label atau bahasa promosi akan keaslian madu. Patut disayangkan, hanya biar produk madunya ingin cepat laku, kata-kata promosi yang tidak jujur dengan berani dikampanyekan. Kalau kondisinya begini, tentu konsumen yang menjadi korban. Berikut ada 5 cara memperringan dan sepele mendeteksi madu orisinil atau artifasial dan bohongan:

1. Dikepanasankan

Siapkan korek api, lilin dan sendok makan. Tuangkan madu ke dalam sendok kemudian kepanasankan madu tersebut di atas nyala lilin. Perlahan-lahan akan semakin kepanasan. Bila madunya orisinil maka madu yang sementara dikepanasankan tersebut akan mengeluarkan busa sampai madunya tumpah dari sendok. Sedangkan madu yang artifasial dan bohongan atau sudah mengandung adonan lain, busanya tidak akan muncul. Kalaupun ada busanya, tidak sebanyak busa yang terjadi pada madu murni atau asli.


2. Dituangkan ke air

Siapkan setengah gelas air kemudian tuangkan beberapa tetes madu ke dalamnya. Madu yang orisinil tidak akan bercampur dengan air dan akan eksklusif jatuh ke dasar gelas. Kaprikornus jikalau madu yang dituangkan eksklusif mengambang di air bahkan memperringan dan sepele terhimpun, ini menerangkan madunya tidak orisinil atau bukan madu murni.

3. Dilumurkan di kertas

Cara kedua dengan melumurkan madu ke atas kertas. Perbedaannya cukup menarik. Untuk madu yang tidak orisinil akan menciptakan kertas memperringan dan sepele disobek dan sangat cepat menembus ke lapisan bawah kertas. Sementara madu orisinil tidak menciptakan kertas memperringan dan sepele sobek dan tidak eksklusif menembus kertas yang dilumuri madu tersebut.

4. Dibakar dengan korek api

Cara ketiga ini sangat sederhana. Cukup celupkan sebatang korek api ke dalam madu yang akan diuji. Dalam kondisi korek api yang masih lembap dilumuri madu, gesekkan korek api tersebut menyerupai biasa anda akan menyalakannya. Madu yang orisinil akan tetap menciptakan korek apinya menyala. Sementara madu yang artifasial dan bohongan tidak akan menciptakan korek api tersebut nyala. Korek api yang tidak menyala membuktikan bahwa madu tersebut mempunyai kandungan air atau adanya materi adonan lain.

5. Dibekukan

Madu yang akan diuji harus dibekukan di freezer atau kulkas. Jika madunya asli, tidak akan membeku. Sebaliknya, jikalau madunya membeku ini membuktikan madunya artifasial dan bohongan atau mempunyai kandungan air yang cukup banyak. Kejadian ini biasa terjadi jikalau madu sudah dimasukkan materi adonan lain menyerupai larutan gula atau yang semacamnya.

Itulah 5 cara memperringan dan sepele mendeteksi madu orisinil atau artifasial dan bohongan. Mohon di share jikalau memberi manfaat.

Belum ada Komentar untuk "Madu Orisinil Atau Madu Palsu? Ini Cara Gampang Mendeteksinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel